Agenda Rapat Paripurna: Pandangan Umum Fraksi Terhadap LKPJ Bupati Batu Bara Tahun Anggaran 2023

IMG 20240327 WA0009 1

Sumut-batubara-sorotpetkara-news.com-pada hari Selasa, 26 Maret 2024, pukul 10:00 WIB, diadakan rapat paripurna di ruang DPRD Kabupaten Batu Bara.

Agenda utama rapat ini adalah untuk membahas pandangan umum fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Batu Bara untuk tahun anggaran 2023.

Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara, Pj. Bupati Kabupaten Batu Bara yang diwakilkan oleh Staf Ahli Sekda, Plt.

Sekretaris DPRD Kabupaten Batu Bara, Bapak Azhar S.Pd. M.Pd, dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Batu Bara.Dalam rapat tersebut, masing-masing fraksi menyampaikan pandangan umumnya terhadap LKPJ tersebut.

Fraksi PDI Perjuangan, yang pandangannya dibacakan oleh Amirtan, setelah melakukan kajian mendalam, menyetujui agar masalah yang diidentifikasi dapat segera ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Fraksi Golkar, dalam pandangannya, mengangkat dua isu utama. Pertama, terkait nasib para calon pelamar PPPK tahun 2023, yang beberapa di antaranya mengalami masalah status akibat kebijakan yang salah dalam proses seleksi.

Fraksi ini meminta penjelasan serta langkah konkret dari pihak eksekutif terkait hal ini.

Kedua, terkait persoalan defisit anggaran tahun 2023 dan kelancaran arus pengelolaan keuangan di Sekretariat DPRD Batu Bara.Fraksi Gerindra, yang diwakili oleh Bapak Andriyansyah, SH, menyampaikan catatan terhadap LKPJ Bupati Batu Bara tahun anggaran 2023.

Mereka menyoroti pentingnya efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran ke depan, serta menanyakan tentang sisa anggaran (silpa) tahun 2023. Fraksi ini menekankan perlunya penggunaan sisa anggaran yang terukur dan lebih baik agar tidak terjadi penumpukan sisa anggaran setiap tahun.

Fraksi PAN berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Batu Bara dapat bekerja keras, bergerak cepat, dan tepat dalam melaksanakan program dan kegiatan agar target-target yang ditetapkan dapat tercapai serta anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Rapat paripurna ini merupakan wadah bagi DPRD Kabupaten Batu Bara untuk menyampaikan pandangan dan catatan terhadap LKPJ Bupati Batu Bara tahun anggaran 2023, serta meminta klarifikasi dan tindak lanjut dari pihak eksekutif terkait hal-hal yang menjadi sorotan fraksi-fraksi tersebut. (red)

About Author

Optimized by Optimole