Aksi Unjuk Rasa Di Kantor Kecamatan Cibarusah, Warga Ridomanah Meminta Di Tutup Peleburan Almunium PT Armada Global Teknologi

Sorotperkara-news.com -Cibarusah  Warga Desa Ridomanah geram dengan adanya Pabrik Peleburan Limbah Alumunium B3 kp tempuran Rt 001/002 Desa ridomanah Kecamatan Cibarusah.(29/01/2024)

Warga tempuran sudah beberapa kali mengadukan hal ini kepada Muspika Kecamatan Cibarusah karna ada Pabrik yang sudah hampir tiga tahun lamanya. Pembakaran Peleburan Limbah Alumunium warga pun sudah geram dan kesal dengan adanya aktifitas itu.
Warga pun berbondong-bondong untuk mendatangi kecamatan cibarusah, untuk menuntut penutupan peleburan aluminium.
Seorang warga berorasi di depan kantor camat dengan di guyur hujan rintik-rintik warga Ridomanah dari orang tua sampai ibu-ibu turut hadir dalam aksi demo tersebut.


Orasi di lontarkan oleh warga tempuran Kami hanya meminta tolong dengarkan suara hati rakyat miskin” TUTUP PABRIK PELEBURAN ALUMUNIUM ❗️❗️
tegas warga sambil menggendong bayinya y ( S )

S ” warga yang terdampak dan teman-temannya merasa tidak di dengarkan oleh Pemdes dan tidak di dengan oleh Kepala Desa Ridomanah (Oden) dan juga perangkatnya desa lainya .
Aksi demo seperti ini bukan baru pertama kali, kami pun sudah bertemu langsung dengan p lurah beliau pun menyampaikan pencemaran Pabrik Pembakaran Peleburan Limbah Alumunium itu sejak tanggal 25 Desember tahun 2023 dengan mendemo Pabrik agar Pabrik itu jangan beroperasi lagi dan harus ditutup ucap warga Kepala Desa Ridomanah Oden pun datang ke lokasi Pabrik untuk mengupayakan agar Pabrik ditutup

Namun setelah itu Pabrik Pembakaran Peleburan Limbah Alumunium d iwilayah kami masih tetap ada aktifitas di malam hari.
akibat itu semua warga Ridomanah kecewa dengan aksi demo pertama tidak ada dampaknya hanya cuma bicara lisan saja, aktifitas masih tetep berjalan.

Beberapa perwakilan dari warga Ridomanah yang melakukan aksi Demo didepan kantor Kecamatan Cibarusah diterima oleh Muspika Cibarusah untuk masuk ke dalam kantor camat.
perwakilan warga Ridomanah diantaranya Herman dari BPD Ridomanah,  Dede, Idris, Dani, Muhidin, Ahmad, H.Mamun dan Ustadz Pa Toni.
Hasil dari pertemuan dengan perwakilan warga Ridomanah,  Camat Cibarusah (Rusdi Azis) berjanji akan melakukan pemanggilan pada pengusaha Pabrik Pembakaran”tegasnya.


Limbah Alumunium. Ya kita akan panggil pengusahanya dan kita akan pertemukan dengan warga Ridomanah dalam waktu dekat ini, lalu dari hasil rapat perwakilan di sampai kan oleh warga yang ada di luar untuk bubar dan dari muspika akan memanggil pemilik.

Warga Desa Ridomanah telah mengadukan Pabrik Pembakaran Peleburan Limbah Alumunium  pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi pada hari Rabu (10/01/24) jam 14.00 wib dan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi telah melakukan pengawasan insidental terhadap pengaduan terkait dugaan, adanya pencernaran udara dan kebauan. Sumber nama kegiatan/usaha oleh PT.ARMADA GLOBAL TEKNOLOGI pruduksi Pembakaran Peleburan Limbah Alumunium.

Nama Penanggung Jawab usaha atau kegiatan Agus Marwoto selaku pemilik. Selaku penanggung Jawab Operasional adalah Hartono. Pihak Dinas Lingkungan atau PPLH sudah survei ke lokasi dan mereka pun sudah mengambil.data Selamet Hariyadi sebagai kabit PLP3 Komnas PPLH , pun angkat bicara
Undang -undang nomer 32 tahun 2009 pasal 22 menyebutkan

  • Bahwa setiap usaha atau kegiatan yang
    berdampak penting bagi lingkungan wajib
    memiliki AMDAL , yang sesuai dengan
    UUCK ( Undang – undang cipta kerja )
    Pasal 69 angka 1
  • Setiap orang di larang melakukan
    Pencemaran dan perusakan lingkungan
    hidup.
  • Membuang limbah B3 media ke
    lingkungan hidup.

Dalam aksinya perwakilan warga menyampaikan kepada warga, p camat berjanji akan memanggil pemilik lahan (Agus marwoto ) dalam.waktu dekat.
Dan warga pun membubarkan diri, dan pulang ke rumahnya masing-masing.
Dalam.aksi demo di kecamatan Cibarusah dengan di kawal babinsa fan bimaspol berjalan dengan aman dan kondusif” tutupnya.
Yanto sp news

About Author