Bangun Cooling System jelang Pemilu, Bhabinkamtibmas Olilit Raya 1 gelar Patroli Humanis Keliling Desa

Sorotperkara-news.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Jelang Pemilu Tahun 2024, keamanan dan ketertiban Masyarakat (kamtibmas) menjadi perhatian utama bagi Pemerintah dan Aparat Keamanan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Patroli di Wilayah Desa binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Olilit Raya 1 Aipda ANTONIUS DASFAMUDI bersama Babinsa dan didampingi Anggota Linmas serta Ketua Pemuda menggelar Patroli Humanis Keliling Desa, Sabtu (20/01/24) malam. Wujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka Cooling System jelang Pemilu Tahun 2024.

Nampak terlihat Bhabinkamtibmas bersama Babinsa didampingi Anggota Linmas serta Ketua Pemuda, berjalan keliling pada seputaran Desa Binaan dengan menyasar pada RT 001 RW 01, selanjutnya melewati RT 002 Sampai dan dengan RT 10, Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sasaran dari Kegiatan Patroli keliling ini meliputi tempat – tempat Keramaian berkumpulnya Pemuda dan Pemudi Desa yang menkonsumsi Miras, bermain Judi, serta berkerumun yang lainnya, kemudian Para pelajar yang masih berkeliaran di malam hari hingga Pengendara yang masih menggunakan Knalpot Brong/ bising.

Kegiatan ini dilaksanakan tentunya untuk menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat di Desa Binaan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum yang nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam Patroli tersebut, para Petugas membubarkan beberapa kelompok Pemuda yang sedang mengkonsumsi Miras di beberapa lokasi berbeda serta membubarkan para Pelajar yanf sampai dengan larut malam masih keluyuran hingga menertibkan para Pengendara Sepeda Motor yang masih menggunakan Knalpot Brong/ bising.

Selain itu juga, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa serta Linmas dan Ketua Pemuda berkeliling menyambangi Warga Masyarakat guna menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas Desa Olilit Raya 1 Aipda ANTONIUS DASFAMUDI menghimbau terkait berita Hoaks, Isu Sara hingga ujaran kebencian, serta mencegah terjadinya Polarisasi Pemilu Tahun 2024 yang dapat menimbulkan perpecahan di lingkungan Masyarakat.

“Masyarakat harus menyadari dampak disinformasi berita Politik, yang mana hal itu tentunya dapat menurunkan kualitas dan elektabilitas Pemilu, mengancam Demokrasi bahkan bisa menyebabkan konflik sosial” ujar Bhabinkamtibmas.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolsek Tanimbar Selatan AKP MUHAMAD AINUL YAQIN, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa giat Patroli yang dilaksanakan ini untuk memantau situasi dan kondisi di Wilayah binaan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya potensi kerawanan atau gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu rasa aman Warga. Selain itu, patroli juga berfungsi sebagai bentuk preventif guna mencegah terjadinya pelanggaran hukum khususnya di wilayah Desa Binaan.

“Patroli Humanis dalam rangka Cooling System ini merupakan upaya nyata dalam menjaga keamanan jelang Pemilu 2024 terutama di wilayah yang menjadi binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan melibatkan Linmas dan Ketua Pemuda sehingga diharapkan potensi kerawanan dapat diminimalisir, agar Pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar dan demokratis” terang Kapolsek.

SB

About Author