Buka Seleksi Silat Pelajar Ciamis, Wabup Yana Dorong Generasi Muda Berprestasi

CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis, H Yana D Putra, membuka secara resmi seleksi silat pelajar di Aula Dishub Ciamis pada Rabu (06/03/2024). Acara ini diikuti oleh 145 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Wabup Yana mengharapkan para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Jangan setengah-setengah dalam memilih, jika memutuskan untuk berlatih pencak silat, fokus dan tekunlah di dalamnya,” pesannya.

Beliau juga menekankan pentingnya memiliki harapan dan cita-cita di dunia pencak silat. “Bukan hanya sekedar bisa, tapi juga harus berprestasi dan menjadi atlet pencak silat yang mampu bersaing di tingkat lokal, regional, dan nasional,” tambahnya.

Wabup Yana juga mendorong peserta untuk menggunakan pencak silat sebagai peluang karir di masa depan.

“Jangan hanya belajar, tetapi tetap konsentrasi dan fokus untuk meraih prestasi,” ungkapnya.

Dalam hal sportivitas, Wabup Yana menekankan pentingnya bermain dengan fair play untuk meraih hasil maksimal.

“Saya titipkan tiga hal, siapkan mental, stamina, dan teknik. Tanpa mental dan stamina yang kuat, kehebatan teknik akan percuma,” tegasnya.

Terakhir, beliau juga memberi pesan kepada para wasit untuk bertindak dengan adil dan objektif, tanpa memihak kepada salah satu pihak. “Keadilan harus dijunjung tinggi dalam setiap pertandingan,” tandasnya.

Dengan dibukanya seleksi silat pelajar ini, diharapkan dapat melahirkan generasi atlet pencak silat yang tangguh dan berprestasi di masa depan.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kegiatan Usman Ali melaporkan kegiatan seleksi pelajar tersebut akan dilaksanakan selama dua hari yakni 6 sampai 7 Maret 2024.

Ia mengatakan seleksi tersebut digelar sebagai persiapan untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Jawa Barat pada bulan Mei mendatang yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali.

“Seleksi silat ini terdiri dari 15 kelas, 8 kelas untuk putri dan 7 kelas untuk putra, para juara nantinya akan mewakili Ciamis di tingkat Provinsi,” Ucapnya.

About Author