Bupati Bandung Targetkan 1000 Pasangan Ikut Program Dan 108 Pasangan Ikuti Isbad Yang Ke 5 Di Kelurahan Rancaekek Kencana

Bandung,sorot perkara-news.com– Bupati Kabupaten Bandung Dr. H.M.Dadang Supriatna,S.I.P.,M.Si , Dalam upayanya untuk memperkuat ikatan keluarga dan meningkatkan nilai-nilai keagamaan, menargetkan partisipasi 1000 pasangan dalam program batiqa. Program ini telah dilaksanakan dengan sukses di beberapa kecamatan Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Melalui Asisten Pemerintahan Ruliy Hadiana menyampaikan dalam sambutan “Menurut data yang dirilis oleh Pemerintah Kabupaten Bandung, sebanyak 236 pasang telah mengikuti program batiqa tahun ini. Di kecamatan Banjaran, tercatat 58 pasang yang ikut, di kecamatan Ciwidey ada 50 pasang, dan di Gedung Muhammad Toha terdapat 128 pasang, Jumlah yg mengikuti isbat nikah yang ke 5 di selenggarakan di GSG Kelurahan Rancaekek Kencana Kecamatan Rancaekek 108 Pasang,” Jumat (8 November 2023).

Setiap warga negara berhak untuk memperoleh perlindungan hukum maka dari itu saya selaku kepala daerah menyambut baik sekaligus mengapresiasi dengan diselenggarakannya merupakan upaya kita dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum khususnya dalam mendapatkan pengesahan atas perkawinan yang telah dilaksanakan menurut syariat agama islam.

tetapi status perkawinan belum tercatat pada pegawai tercatat nikah di Kantor Urusan Agama atau KUA yang berwenang yang ketiga status perkawinan pada status dan tidak segera diupayakan solusinya maka hal ini akan menjadi beban pembangunan di masa yang akan datang dan Taat Hukum baik hukum agama maupun hukum negara sehingga tidak ada lagi pasangan suami istri yang belum belum tercatat.

Ketua pengadilan Agama Soreang U Abu Jahid Darso Atmojo. LC. LL.M.phD menyampaikan “Untuk itu Pengadilan Agama Kabupaten Bandung menyediakan program isbat nikah yang dapat membantu masyarakat yang belum memiliki buku nikah resmi. Dengan program ini, mereka dapat segera mendaftar ke desa-desa terkait dan mendapatkan pengakuan resmi atas pernikahannya,”

saya ucapkan selamat kepada para pasangan yang mengikuti pada hari ini Isbad,semoga dengan program ini data kependudukan lainnya bisa di akui. Terima kasih kepada pemerintahan Kabupaten Bandung,kementerian agama,pengadilan agama Soreang serta para Camat para kepala desa dan Lurah dan perangkat desa yang sudah kerjasama dengan pemerintah kabupaten bandung. “Ungkapnya

Kadis Dukcapil Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman menambahkan dengan program Pa Bupati terkait penentesan surat nikah, berharap melalui program Isbad ini, semua warga yang belum mempunyai surat nikah bisa katan keluarga dapat semakin kuat dan nilai-nilai keagamaan dapat diperkuat di masyarakat. Program isbat nikah juga memiliki efek positif terhadap dokumen kependudukan, khususnya bagi anak yang lahir dari pernikahan di luar kawin. Dengan adanya isbat nikah, mereka dapat memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan pengakuan resmi atas status mereka.

Red/Peri

About Author