Cegah peredaran Miras wujudkan Pemilu yang aman dan Damai, Bhabinkamtibmas Watidal sambangi Warga

Tanimbar,sorotperkara-news.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai Garda terdepan Polri, Bhabinkamtibmas dituntut untuk selalu melaksanakan kegiatan rutin berupa sambang melalui kunjungan yang dilakukan dari satu tempat ke tempat yang lain untuk bertemu dan menyampaikan Imbauan, Pesan Kamtibmas serta informasi-informasi terbaru kepada Warga di Wilayah Binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Watidal Aipda M. SERHALAWAN yaitu melaksanakan Door to Door System (DDS) dalam bentuk Sambang ke salah satu Warga yang berprofesi sebagai Pedagang Kios, bertempat di RT 005 RW 003, Desa Watidal, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (05/01/24).

Kegiatan sambang kepada Warga ini dijalankan secara intensif dan berkesinambungan oleh petugas Bhabinkamtibmas Polsek Tanimbar Utara. Nampak terlihat Aipda M. SERHALAWAN turun ke pemukiman Warga untuk menjalin komunikasi langsung, mendengarkan aspirasi Masyarakat, serta memberikan Imbauan, Pesan Kamtibmas hingga informasi yang berguna dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Dalam kunjungannya, Bhabinkamtibmas mengajak Warga untuk ikut melakukan pencegahan Miras (minuman keras) dengan cara tidak menjualnya, serta Bhabinkamtibmas juga memberikan Nasehat atau Edukasi kepada Anggota Keluarga yang lain untuk tidak mengkonsumsi Miras, karena disamping merugikan diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain.

“Sebagian besar gangguan Kamtibmas, kasus kriminal hingga terjadinya Tindak Pidana, awalnya dipicu karena mengkonsumsi Minuman Keras, sehingga diharapkan kepada Warga untuk tidak menjual maupun mengkonsumsi Miras” jelasnya.

Aipda M. SERHALAWAN juga turut mengecek dan menghimbau kepada Pemilik Kios yang dikunjunginya agar tidak menjual makanan dan minuman yang telah Kadaluarsa atau masa berlaku makanan dan minuman telah berakhir, karena hal itu dapat membahayakan para konsumennya.

Selain itu, dalam upaya memelihara ketertiban dan keamanan jelang Pemilihan Umum, tentunya Bhabinkamtibmas aktif melibatkan diri dalam sambang Warga sebagai bagian dari strategi Kampanye Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Tak hanya menjalin kedekatan dengan Warga, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan Pemilu, khususnya imbauan untuk tetap Waspada terhadap Berita Hoax.

Jelang Pemilu, Bhabinkamtibmas mengajak Warga untuk ikut memelihara situasi Keamanan dan Ketertiban di Masyarakat dengan tidak terprovokasi berita Hoax atau Berita yang belum tentu kebenarannya hingga perbedaan pendapat serta perbedaan pilihan yang berujung pada perseteruan hingga konflik di dalam Desa yang nantinya bisa meluas.

“Bijaklah dalam Bermedia sosial serta tidak terpancing dengan berita-berita yang belum terverifikasi. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga stabilitas sosial dan keamanan selama proses Pemilu berlangsung” jelasnya.

Sementra itu, Kapolsek Tanimbar Utara AKP AMS. LAYAN saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa sebagai anggota Bhabinkamtibmas sewajarnya selalu ada di Wilayah binaannya, selain untuk memberikan himbauan kamtibmas juga bisa menyerap informasi-informasi penting berkaitan dengan situasi Kamtibmas pada wilayah tersebut, khususnya dalam menyambut Pemilu yang semakin dekat.

“Kegiatan ini merupakan langkah dan upaya Polri dalam menjalin kemitraan dengan semua potensi Masyarakat, serta Kami ingin memastikan bahwa Masyarakat dapat memahami pentingnya Pemilu dan juga bagaimana mengenali serta menghindari berita Hoax maupun perbedaan pendapat yang dapat menyebabkan gangguan Kamtibmas” Pungkasnya.

Upaya dari Polsek Tanimbar Utara ini mendapat respon positif dari Masyarakat yang dikunjunginya. Masyarakat pun sangat antusias dan menyambut baik kehadiran petugas Bhabinkamtibmas serta berjanji untuk tetap menjaga ketertiban serta turut berpartisipasi dalam Pemilu dengan cerdas.

About Author