Cooling System jelang Pemilu 2024, Kapolres Kepulauan Tanimbar gelar Jumat Curhat bersama Tokoh Agama

Sorotperkara-news.com-Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai upaya Cooling System jelang Pemilu 2024, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K, didampingi Kasat Binmas Iptu S. KORMASELA, SH melaksanakan Jumat Curhat bersama Tokoh Agama, Jumat (08/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Uskup Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupten Maluku Barat Daya RD. JANUARIS ORATMANGUN, Ketua Dewan Pastoral Paroki Bpk. AGUS RETOB beserta para Anggota, Para Ketua dan Badan Pengurus Rukun Paroki, yang bertempat di Aula Pastoran Paroki Santo Matias Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Mengawali sambutannya, RD. JANUARIS. ORATMANGUN mengucapkan salam dan selamat datang kepada Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., beserta Staf karena memiliki kesediaan Waktu untuk hadir lewat kegiatan Jumat Curhat ini.

“Diharapakan bagi para peserta untuk dapat mendengar masukan penting dalam rangka Pemilu tahun 2024 serta menaruh perhatian sehingga kegiatan Nasional Pemilu Serentak dapat berlangsung dengan aman, nyaman dan damai” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR. WIJAYA, S.I.K mengatakan bahwa dirinya mengucap syukur sehingga dapat hadir dalam kegiatan Jumat Curhat bersama dengan Wakil Uskup dan juga Bapak/Ibu Anggota Dewan Pastoral Paroki, Para Ketua dan Badan Pengurus rukun se-paroki St. Matias Saumlaki.

“Kegiatan ini merupakan Program Kapolri terkait Quick Wins Presisi, dalam rangka Colling System untuk menciptakan Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang aman,damai, tertib dan sejuk menuju Pemilihan Umum serentak Tahun 2024” ucap Kapolres.

Situasi pemilu saat ini rentan dengan isu hoax atau informasi yang tidak benar sehingga diharapakan untuk lebih bijak dalam menyaring suatu informasi yang didapat. Media Sosial sering menjadi sarana bagi orang yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan kampanye hitam (black campaign) sehingga diharapkan juga kita dapat lebih bijak dalam menggunakan Media Sosial.

Lebih lanjut Kapolres menghimbau untuk hindari Money Politik ( Politik uang ), dikarenakan biaya Politik yang sangat tinggi dapat membuat pengembaliannya dengan cara yang tidak benar. Harapannya melalui para Dewan Pastoral Paroki, para Ketua dan Badan Pengurus Rukun se-paroki St. Matias saumlaki, agar dalam kegiatan ibadah nanti dapat memberikan Imbauan kepada Umat untuk tidak terlibat pada praktek seperti ini.

Menurutnya, Hal yang sangat krusial dalam setiap tahapan Pemilu ini, tentunya Gereja sangat mempunyai peran penting karena pada umumnya suara Pimpinan Gereja sangat didengar oleh seluruh Umat.

“Sehingga kami Polri dengan segala keterbatasan yang dimiliki sangatlah membutuhkan peran serta bapak dan ibu untuk bersinergi dalam rangka menjaga dan memelihara Situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar terlebih khusus di lingkungan tempat tinggal pelayanan bapak dan ibu sekalian” sambung Kapolres.

Toleransi dan Kerukunan Agama sangatlah luar biasa di Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Bumi Duan Lolat ini, sehingga tetap perlu kita jaga dan pelihara Toleransi dan kerukunan antar Umat Beragama. Kapolres meminta dukungan bantuan oleh para Tokoh Agama dari tingkat yang tinggi sampai kepada ketua-ketua rukun dalam rangka menjaga stabiltas dan kondisifitas kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan aman, lancar dan penuh keakraban, yang kemudian dilanjutkan dengan Sesi tanya jawab oleh Anggota Dewan Pastoral Paroki, para Ketua dan Badan P pengurus Rukun Paroki St. Matias Saumlaki, hingga berakhir dan ditutup dengan Foto Bersama.

(SB.SP)

About Author