Dampak Negatif Penggunaan Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis, Ini Yang Dilakukan Polsek Klari

Polres Karawang – Penggunaan knalpot brong atau tidak sesuai dengan spesifikasi teknis pada sepeda motor masih menjadi permasalahan yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan lalu lintas serta lingkungan hidup. Suara bising yang dihasilkan oleh knalpot brong dapat merusak pendengaran, mengganggu konsentrasi, menimbulkan stres, dan menyebabkan polusi udara dan suara. 

Selain itu, penggunaan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis juga melanggar aturan lalu lintas.

Hal tersebut sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan aturan Perda Kabupaten Karawang No 12 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketenteraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat. begitu juga sesuai dengan kementerian lingkungan hidup di peraturan permen LHK no.56 tahun 2019 sudah diatur regulasi tentang spesifikasi tentang ambang batas bising tentang suatu kendaraan baru,” kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapolsek Klari Kompol Andryan Nugraha pada Selasa (06/02/2024)

Untuk menangani masalah ini, Kepolisian Republik Indonesia khususnya Polsek Klari jajaran Polres Karawang terus melakukan upaya penertiban, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat, khususnya pengendara sepeda motor, tentang bahaya dan dampak negatif penggunaan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Demi Keselamatan Berlalu Lintas, Kapolsek Klari Kompol Andryan Nugraha SH mengimbau para pemilik kendaraan bermotor dengan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis untuk segera diganti dengan knalpot standar SNI atau knalpot lain yang lebih ramah lingkungan.

Pengguna knalpot yang tidak memenuhi Persyaratan Teknis dan Laik Jalan dapat dikenai sanksi pidana atau denda sesuai dengan Pasal 285 ayat (1) UU LLAJ. Pasal ini berbunyi, setiap orang yang mengemudikan motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan dapat dipidana Dengan Pidana Kurungan Paling Lama 1 bulan atau Denda Paling Banyak 250 Ribu Rupiah. 

Kapolsek Klari Kompol Andryan Nugraha SH berpesan “Untuk menjadi keren tidak harus menggunakan Knalpot yang tidak sesuai dengan standar teknis, cukup dengan jadi duta-duta keselamatan berlalu lintas akan menjadi keren juga. keren tidak harus merugikan orang lain,” ucapnya

Polres Karawang_AKBP Wirdhanto Hadicaksono

About Author