Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata S.I.P. Berikan Materi Identitas dan Ketahanan Nasional Kepada Mahasiswa Mahasiswi Baru Universitas Perjuangan.

Sorotperkara.news.com.Tasimmalaya-Komandan Kodim (Dandim) Dandim 0612/Tsm (Letkol Inf Raden Henra sukmadjidibrata S.I.P) memberi materi identitas dan Ketahanan Nasional kepada mahasiswa dan mahasiswi Baru Universitas Perjuangan (UNPER) Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di Universitas Perjuangan (UNPER) Kota Tasikmalaya, Senin (29/01/2024)

Dandim 0612/Tsm menyampaikan bahwa Ketahanan Nasional merupakan kemampuan nasional untuk memelihara keutuhan bangsa dari berbagai upaya pelemahan berbangsa dan bernegara, baik oleh pihak asing maupun oleh pihak warga bangsa sendiri,”

“berdasarkan rumusan yang digagas oleh Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) pada tahun 1975, Ketahanan Nasional diartikan sebagai kondisi dinamis satu bangsa, termasuk keuletan dan ketangguhan, yang mampu menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, baik yang timbul dari dalam Negeri maupun datang dari luar Negeri, yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa itu serta kemampuannya mencapai tujuan Nasional.

“Ketahanan Nasional suatu bangsa mungkin berbeda dari satu bangsa dengan bangsa lainnya, namun yang pasti, tujuannya sama yakni melindungi segenap bangsa dan mencapai suatu keamanan dan kesejahteraan, ” tutur Dandim.

Dandim 0612/Tsm (Letkol Inf Raden Henra sukmadjidibrata S.I.P) juga menyampaikan gambaran dinamika perkembangan lingkungan strategis dunia dewasa ini telah berubah dan sangat terbuka, termasuk dimensi ancaman dari waktu ke waktu semakin kompleks sebagai dampak kemajuan pengetahuan manusia.

“Secara umum, setiap Negara berpotensi menghadapi ancaman militer, dan non militer termasuk ancaman hibrida (hybrid warfare) atau gabungan ancaman militer dan non militer sebagai dampak dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, ” sebutnya.

Dandim 0612/Tsm juga mengatakan bahwa semua ancaman itu jika terjadi terhadap suatu Negara dapat dipastikan berpengaruh terhadap Ketahanan Nasional di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan serta Teknologi. Disana terdapat ongkos social (social cost) dan kerugian Negara sebagai dampak negatif yang ditimbulkan.

“Oleh karena itu, fenomena Inilah yang menjadi tugas generasi muda sebagai generasi terpelajar dan intelektual untuk melakukan penelitian dan aktif mencegah agar tidak berkembang menjadi beban Bangsa dan Negara ini,

Generasi muda harus mampu mengembangkan inovasi dan menghargai kearifan lokal agar bangsa ini tidak ketergantungan terhadap nilai-nilai asing, ” Ujar Dandim.

Asep hidayat

About Author