Dengar keluhan dan masukan dari Masyarakat, Kapolsek Fordata pimpin Jumat Curhat

Sorotperkara-news.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, mendengar keluhan dan masukan dari Masyarakat, Polsek Fordata menggelar Jumat Curhat bersama Pemerintah Desa Rumngeur, Anggota BPD, para Tokoh Adat dan Perwakilan Pemuda Desa Rumngeur, Jumat (08/12).

Kegiatan Jumat Curhat tersebut dipimpin oleh Kapolsek Fordata Ipda F. HULKYAWAR, S.H., dan didampingi oleh Kanit Binmas Bripka THEO SAMBONU beserta Personel Polsek Fordata, yang berlokasi di Desa Rumngeur, Kecamatan Fordata, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Memulainya, Kapolsek Fordata mengatakan bahwa Program Jumat Curhat ini merupakan Program Quick Wins Polri yang memberi ruang tatap muka secara langsung dengan Masyarakat dalam memberikan Penilaian terhadap kinerja Polri khususnya Personel Polsek Fordata dalam Tugas Pelayanan maupun Kamtibmas yang dirasakan oleh Masyarakat Kecamatan Fordata, khususnya bagi Masyarakat Desa Rumngeur dikunjungi saat ini.

“Kegiatan Jumat Curhat ini bertujuan sebagai upaya dari Kepolisian untuk turun langsung mendengar keluhan maupun masukan dari Masyarakat terkait dengan situasi Kamtibmas dan Pelayanan Kepolisian khususnya Polsek Fordata” ungkap Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek juga menyampaikan pesan terkait Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 sudah semakin dekat, sehingga diharapkan agar Pemerintah Daerah maupun para Pemuda yang hadir memberikan Pemahaman yang baik kepada Keluarga, tetangga maupun teman lainnya untuk bersama merasa kepedulian dalam menjaga Kemanan dan Ketertiban Masyarakat, tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak benar, serta hindari melakukan perbuatan melawan Hukum demi mensukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024 untuk Aman dan Damai.

Sementara itu, Kanit Binmas Bripka THEO SAMBONU menyampaikan bahwa saat ini kita mulai diperhadapkan lagi dengan Kondisi Kemarau panjang, sehingga pihaknya rutin menghimbau kepada Warga agar tidak bertindak sengaja untuk melakukan pembakaran hutan atau lahan (Karhutla), Karhutla ini bisa berdampak buruk bagi kita sendiri, dan apabila ditemukan Warga yang sengaja melakukan Karhutla akan ditindak secara Hukum berdasarkan Ketentuan Pasal 78 Ayat (3) Undang-undang No 41 Tahun 1999 dengan Ancaman Pidana Kurungan 15 tahun dan Denda 5 (lima) Miliar Rupiah.

“Saya berharap kepada kita semua apabila ada melihat oknum- oknum yang sengaja melakukan Pembakaran lahan agar segera dilaporkan kepada kami untuk segera ditindaklanjuti” tutur Kanit Binmas.

Terdapat permasalahan yang dikeluhkan oleh masyarakat yakni terdapat para Pemuda bahkan Bapak-Bapak entah siang maupun Malam suka duduk berkumpul sambil mengkonsumsi Mira (Sopi) dan memainkan gitar sambil bernyanyi dengan keras hingga larut malam yang membuat keributan, sehingga Warga meminta untuk ditindaklanjuti oleh pihak Kepollisian.

Menanggapi hal itu, Ps. Kanit Binmas Polsek Fordata menyampaikan agar harusnya ini menjadi tanggung jawab bersama sebagai Orang Tua (keluarga), Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan Tokoh Agama untuk wajib memberikan teguran agar dapat dihentikan. Namun dengan tegas pihak Polsek Fordata akan segera menindaklanjuti hal tersebut dan berharap semua dapat Berpartisipasi dalam mencegah Penyakit Masyarakat seperti ini.

Selain itu, Pihak Pemerintah Desa mengungkapkan Terima kasih dan apresiasi kepada pihak Polsek Fordata atas kegiatan Jumat Curhat yang digelar ini. Selain itu Pemerintah Desa siap mendukung Polri dalam Menciptakan situasi yang kondusif jelang Pemilu 2024 serta berusaha untuk tidak terjadi Karhutla dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan Kondusif.

SNB

About Author