Diduga kurangnya sosialisasi, warga penerima BSPS terpaksa berbagi tempat di Kandang kambing peliharaan.

IMG 20230330 WA0605

Sp_News – KBB – Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah program dana bantuan renovasi rumah yang diberikan oleh pemerintah, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah.

Berdasarkan laporan masyarakat, pelaksanaan BSPS di Desa Jayamekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, salah seorang penerima bantuan berinisial O terpaksa harus tinggal di sebuah saung darurat dan barang barang miliknya terpaksa berbagi tempat di kandang kambing.

IMG 20230330 WA0604

Diduga karena kurangnya sosialisasi oleh pihak partai pengusung dan konsultan, O langsung membongkar habis rumahnya ketika bahan material mulai dikirim.

Ditemui awak media, O menyampaikan keluhannya terkait bahan material yang tidak kunjung dikirim dari toko bahan bangunan yang ditunjuk.

Saya dan keluarga sudah empat hari tidur di saung darurat padahal anak saya ada yang balita dan barang barang kami simpan di kandang kambing, keluhnya.

Ketika dikonfirmasi kepada Ketua Penerima bantuan(PB) sebut saja A sudah berusaha maksimal agar pengiriman secepatnya dari toko bahan bangunan.

Mungkin karena keterbatasan armada pengangkut makanya ada keterlambatan pengiriman, kata A.

Sementara pihak konsultan (TFL) provinsi ketika dihubungi lewat pesan whatsapp, menyampaikan bahwa program BSPS di Desa Jayamekar belum dimulai.

Awak media kemudian menghubungi TFL kabupaten Noval, lewat telepon WhatsApp dirinya mengakui kurangnya sosialisasi dilapangan.

Terkait hal tersebut imam dari LSM JANGKAR angkat bicara, program ini seharusnya untuk mensejahterakan rakyat tapi justru malah menyengsarakan dikarenakan kelalaian konsultan dan pendamping dilapangan, kata Imam.

Apalagi dengan beberapa spec harga material yang diduga di mark up oleh pihak penyedia bahan bangunan sangat jauh dari harga normal dipasaran, tambahnya.

Diketahui pula dari informasi dilapangan bahwa para konsultan tidak turun kelapangan sehingga kondisi dilapangan tidak diketahui mereka secara pasti, imbuhnya.

Jelas ini harus diperiksa dan dievaluasi oleh pihak-pihak terkait agar program ini bisa berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, tutup Imam.
(Dens)

About Author