Diskominfosantik Gelar Pembinaan EPSS Untuk Perangkat Daerah.

IMG 20240501 WA0014 1

Sorot perkara news.com ll Kab.Bekasi-Dalam rangka untuk kemuktahiran data dan informasi yang dihasilkan oleh perangkat daerah agar memiliki kualitas yang baik, relevan dan dapat dipertanggung jawabkan. Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfosantik), Kabupaten Bekasi melalui Bidang Statistik Sektoral melaksakan kegiatan pendampingan pengisian indikator EPSS (evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral) giat tersebut turut dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Bekasi Krido Sapto sebagai narasumber. Sedangkan untuk kegiatan dilaksanakan di Hotel Sahid Lippo Cikarang pada Selasa (30/04/2024).

Pada kesempatan giat tersebut Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Yan Yan Akhmad Kurnia memaparkan, EPSS ini merupakan langkah strategis dalam memastikan data dan informasi yang dihasilkan oleh perangkat daerah agar memiliki kualitas yang baik, relevan dan dapat dipertanggung jawabkan ungkapnya.

Menurutnya jadi di zaman sekarang data itu harus sudah dipersiapkan, dan tidak bisa sekarang data itu dicari secara spontan ataupun instan karena ini kan data pemerintah ya harus akuntabel dan jangan asal tentunya. Data itu harus direncanakan dari awal kemudian dikumpulkan dengan metode yang sudah ditentukan melalui prosedur yang baik dan benar, kemudian dikumpulkan secara terpusat dan disebarluaskan sesuai dengan ketentuan tegasnya.

Lanjunya, Yan Yan menekankan pada semua unsur perangkat daerah agar sebagai produsen data harus memiliki manajemen yang baik pada pengelolaan data. Karena melalui data yang valid sangat berpengaruh sebagai dasar untuk proses pengambilan kebijakan, karena dari data dasar / awal yang kita proses merupakan suatu proses untuk perencanaan dan pelaksanaan maupun evaluasi untuk pembangunan daerah ujarnya.

Menurutnya ini mesti di ingat pada perangkat daerah, dengan adanya kegiatan ini tentu sebagai landasan dasar untuk membuat data yang baik dan benar dalam memenuhi prinsip satu Data Indonesia untuk bisa digunakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Bekasi, melainkan seluruh Indonesia dengan standar sudah nasional pungkasnya.

Sementara itu narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi menjelaskan secara keseluruhan kepada para peserta yang hadir yakni admin masing – masing perangkat daerah serta Kecamatan se Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Statistik Sektoral Intan Komala, sangat mengapresiasi atas kehadiran pada peserta dari masing – masing admin daerah berikut Kecamatan se Kabupaten Bekasi dalam kegiatan pembinaan pemahaman mengenai pengisian indikator EPSS ujarnya.

Semoga melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan ataupun pemahaman teutama pada seluruh perangkat daerah, berikut dapat memahami data apa saja yang bisa masuk kedalam satu open data satu data Indonesia agar penyelenggaraan statistik sektoral ini dapat kita isi dengan baik dan benar, dan mungkin kedepannya secara berkala kegiatan ini akan kita lakukan lagi yang sekaligus sebagai evaluasi untuk para perangkat daerah, dan kami pun sangat mengapresiasi pada perangkat daerah yang telah berusaha untuk melakukan perbaikan data, dan apa yang telah dilakukannya itu kami sangat menghargai jelasnya”tutup
( yanto sp- news )

Sumber: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.

About Author

Optimized by Optimole