HM Ali Yusuf Siregar Resmi Dilantik Jadi Bupati Deli Serdang Definitif

SUMUT-DELI SERDANG-sorotperkara-news.com- pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM. Ali Yusuf Siregar resmi di lantik menjadi Bupati Deli Serdang definitif oleh Penjabat Gubernur Sumatera (Pj Gubsu), Mayjen (Purn) Dr. Hassanudin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, Nomor : 41, Medan, Jumat (08/12/2023), sekira pukul 14.33 WIB.

HM. Ali Yusuf Siregar di lantik menjadi Bupati Deli Serdang definitif berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 100.2.1.3 Tahun 2023, Tanggal 30 November 2023, Tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati Deli Serdang dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Deli Serdang yang di tandatangani Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA., PhD.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Deli Serdang, Ny. Hj. Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar juga di lantik menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang. Pelantikan di lakukan Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara, Ny. Dessy Hassanuddin berdasarkan Keputusan Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara Nomor : 12/Kep/PKK Prov/XII, Tahun 2023 Tentang Pemberhentian Pelaksana Tugas Ketua dan Pengangkatan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Deli Serdang.

Kepada wartawan, Bupati menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya Pelantikan tersebut. “Alhamdulillah di lantik oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu), Mayjen (Purn) Dr. Hassanudin menjadi Bupati Deli Serdang definitif. Sebelumnya menjadi Wakil Bupati mendampingi Pak H. Ashari Tambunan. Berhubung Pak Ashari Tambunan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif untuk DPR RI, beliau mengundurkan diri dan saya menggantikan sesuai aturan-aturan yang di tetapkan,” ungkap Bupati.

Di tegaskan Bupati, dirinya akan menyikapi perintah Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) sebagai upaya untuk membangun Kabupaten Deli Serdang khususnya, dan Sumatera Utara pada umumnya.

“Tugas-tugas yang di sampaikan Pak Pj Gubernur Sumut di Kabupaten Deli Serdang harus di sikapi. Saya berpikir perintah Pj Gubernur Sumut harus di sikapi karena memang ini untuk kepentingan Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deli Serdang. Mari membangun Kabupaten Deli Serdang baik, otomatis Provinsi Sumatera Utara juga baik,” ucap Bupati.

Sebelumnya, seusai Pelantikan, dalam sambutannya Pj Gubernur Sumut menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan Pelantikan yang di lakukan. “Saya minta maaf, agak terlambat (Pelantikan), karena memang ada tugas-tugas yang harus di hadiri di Jakarta,” ujar Pj Gubernur Sumut, Jumat (08/12/2023).

Pj Gubernur Sumut menekankan kepada Bupati Deli Serdang, HM. Ali Yusuf Siregar untuk fokus pada peningkatan Pembangunan Daerah dan Pelayanan Publik bagi masyarakat, terutama dalam pengendalian inflasi, menstabilkan ketahanan dan ketersediaan stok pangan, sehingga harga tetap terjaga.

Pj Gubernur Sumut meminta Bupati untuk bekerja sama dalam menangani masalah stunting dan kemiskinan ekstrem Kabupaten Deli Serdang dengan memgaktifkan Posyandu, menganggarkan Dana untuk penanganan stunting, bekerja sama dan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam memberdayakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sebagai mitra Kepala Desa untuk deteksi awal dan kegiatan penanganan konkret di lapangan.

Tahun 2023, rinci Pj Gubernur Sumut, Kabupaten Deli Serdang mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp. 4,5 Triliun, dengan Jumlah Penduduk sebanyak 2 Juta Jiwa, dan menjadi penyangga Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, yakni Kota Medan.

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 mendatang ini, Pj Gubernur Sumut mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga kondusivitas masyarakat serta netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Deli Serdang.

“Segera antisipasi gejolak Politik sekecil apa pun yang bisa memicu terganggunya stabilitas ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Mari jaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat masyarakat bersama-sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Deli Serdang agar perhelatan yang di maksud bisa berjalan lancar,” ajak Pj Gubernur Sumatera Utara.

Pj Gubernur Sumut juga menyinggung tentang pelaksanaan Pekan Olaharaga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 dan Pembangunan sejumlah Venue Cabang Olahraga yang di pertandingkan di Kabupaten Deli Serdang.

“Saya minta agar Bupati Deli Serdang dapat mendukung percepatan Pembangunan Infrastruktur Venue Olahraga, di antaranya Sport Center serta dengan bersinergi guna menuntaskan kendala-kendala yang di hadapi dalam persiapan pelaksanaan PON XXI,” pinta Pj Gubernur Sumut.

“Karena kita adalah tuan rumah pada pelaksanaan PON XXI Tahun 2024, maka kita berharap kegiatan ini menjadi salah satu kebanggaan Sumatera Utara, di antaranya Pembangunan Sport Center ini nantinya,” tutup Pj Gubernur Sumut.

Hadir dalam Pelantikan tersebut, mantan Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan bersama mantan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Deli Serdang, Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan; mantan Wakil Bupati Deli Serdang, H. Zainuddin Mars bersama mantan Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Deli Serdang, Ny. Hj. Asdiana Zainuddin Mars; Wakil Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang, Dr. H. Nusantara Tarigan Silangit, SE., MM., MH; Forkopimda Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Deli Serdang; Sekretaris Daerah, H. Timur Tumanggor, S.Sos., MAP bersama Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny. Hj. Boya Timur Tumanggor, para Staff Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat; Ketua MUI Kabupaten Deli Serdang, KH. Amir Panatagama, SPdI dan lainnya.

(Fzh sp)

About Author