Pemusnahan Barang Bukti Ribuan Botol Miras, Dihadiri Kapolres Kuningan Bersama PJ Bupati Kuningan.

Potretdunia.id.Kuningan-Sebanyak 7.324 botol minuman keras pabrikan berbagai merk, 248,5 liter tuak dan 676 botol serta 100 liter minuman tradisional jenis ciu berhasil dimusnahkan oleh Sat Res Narkoba Polres Kuningan, Kamis (21/12/2023). Miras ini didapat selama operasi Pekat dan KRYD tahun 2023.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara digiling menggunakan alat berat sampai hancur.

Kegiatan pemusnahan barang bukti dihadiri langsung Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, Pj Bupati Kuningan Dr H Raden Iip Hidajat, Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, dan sejumlah pimpinan Forkopimda Kuningan. Selain pemusnahan barang bukti, Sat Narkoba juga mengamankan 65 tersangka narkotika dan obat-obatan dari 59 perkara selama tahun 2023.

Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian didampingi Kasat Narkoba AKP Udiyanto dalam keterangan persnya, mengatakan, jika ribuan botol miras diamankan petugas dari Sat Narkoba Polres Kuningan selama razia empat bulan. Total ada 7.324 botol miras berbagai merk, 676 botol ciu, 100 liter ciu, dan 248,5 liter minuman beralkohol jenis tuak.

“Ini merupakan pengungkapan kerja keras Sat Narkoba Polres Kuningan, dalam penegakan hukum khususnya menciptakan Kuningan yang kondusif. Operasi Pekat ini juga merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan untuk membasmi segala bentuk penyakit masyarakat,” ujar Willy.

Willy menegaskan, razia juga akan dilakukan dengan menyasar tempat hiburan yang tidak sesuai perizinan. Maka ke depan akan tetap dilakukan operasi miras di Kuningan.

“Peredaran miras ini menjadi tantangan bagi kita semua. Tak terkecuali jajaran kepolisian, untuk senantiasa mengantisipasi beragamnya aksi kejahatan serta peredaran miras yang menimbulkan gangguan kamtibmas,” ujar Willy.

Oleh karena itu, kata Willy, jajaran kepolisian tidak henti-hentinya melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polres Kuningan. Hal ini guna menekan dan meminimalisasi peredaran miras di Kuningan.

“Melalui pemusnahan ribuan botol miras, ini merupakan bentuk keseriusan dan wujud nyata kita bersama demi menjadikan Kuningan aman dan kondusif. Apalagi menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2024, sekaligus menyambut Pemilu 2024,” tegas Willy.

Adapun ribuan barang bukti botol miras yang dimusnahkan, Willy menyebut, jika itu adalah hasil penyitaan dari Sat Narkoba, Sat Sabhara, Sat Reskrim, dan Polsek. Semoga ke depan peredaran miras ini dapat dihentikan.

“Terima kasih kepada seluruh satuan fungsi dan polsek jajaran, atas dedikasi dan loyalitasnya serta tidak mengenal lelah dalam memberantas peredaran miras di wilayah hukum Polres Kuningan. Penghargaan dan apresiasi atas peran serta dan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat, karena mendukung upaya kepolisian demi mewujudkan Kuningan yang aman dan tentram serta bebas dari miras,” kata Willy.

Willy menambahkan, upaya pemberantasan penyakit masyarakat ini juga dibutuhkan kerja sama dari semua pihak, bahwa tantangan tugas kita dalam menciptakan situasi kamtibmas tidak mudah.

“Kami berharap pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat untuk bersama-sama membantu kami memberantas penyakit masyarakat,” tutup

(Asep hidayat)

About Author