Perketat Pengawalan dan Pengamanan, Polres Kepulauan Tanimbar pastikan kedatangan Logistik berjalan aman

Tanimbar,sorotperkara-news.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata (OMB) kembali memperketat Pengawalan dan Pengamanan kedatangan Logistik Pemilu pada Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki Kepulauan Tanimbar, Kamis (11/01/24) malam.

Giat tersebut dipimpin oleh Kasat Tahti Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. AMELAMAN selaku Kapusdalopsres didamping Kasubsatgas Preventif Ipda D. FORDATKOSSU bersama Kasatgas Kamseltibcarlantas Ipda SAMSUL BAHRI, dan turut hadir Sekertaris KPU PAULUS LELIAK, SE., M.Si., Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU FREDY TUALENA, SH., Sekertaris Bawaslu RICHARD DASMASELA, S.IP., Kasubbag Pengawasan Bawaslu SUSANA SOLARBESAIN, S.Sos., dan Anggota beserta Staf Bawaslu Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kapolres Kepualauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kabag Ops AKP H. LAISINA selaku Karendalops mengatakan bahwa Polres Kepulauan Tanimbar mengerahkan sedikitnya dua regu pengawalan dan Pengamanan yaitu dari Sat Lantas dan Sat Samapta. Kegiatan ini tentunya dilaksanakan
guna menjamin Logistik Pemilu tersebut tetap aman dan utuh hingga tiba pada Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk nantinya siap dipakai saat Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Pengamanan dan Pengawalan ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengiriman barang logistik Pemilu ini benar-benar aman, lancar dan tidak ada kendala sampai pada Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar” ungkap AKP LAISINA.

Kedatangan Logistik Pemilu tersebut dikawal oleh 2 (dua) Personel Polda Maluku yang diangkut dengan menggunakan KM. Pangorango dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju dan tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki sekitar Pukul 20.28 WIT. Setelah tiba, kemudian dilanjutkan dengan aktivitas bongkar muat Logistik Pemilu Tahun 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi, logistik Pemilu tersebut diangkut dengan menggunakan 1 (satu) Unit Mobil Dump Truck bersama 1 (satu) Unit Mobil Pickup dan dikawal ketat oleh Personel Ops Mantap Brata Salawaku Polres Kepulauan Tanimbar, baik itu dari Satuan Samapta dan Personel pengamanan tertutup. Iring iringan rombongan juga mendapat pengawalan dari Saruan Lalu Lintas.

Kedatangan Logistik Pemilu 2024 berupa Surat Suara DPRD Provinsi sebanyak 181 Box, Sampul surat suara sebanyak 4.498 Lembar/45 Kardus (44 kardus isi 100 lembar dan 1 Kardus isi 98 lembar), Sampul surat suara sah sebanyak 4.498 Lembar/45 Kardus (44 kardus isi 100 lembar dan 1 Kardus isi 98 lembar), Sampul surat suara tidak digunakan sebanyak 3.114 Lembar/32 kardus (31 kardus isi 100 lembar dan 1 kardus isi 14 lembar), Sampul berita acara dan rekapitulasi sebanyak 82 lembar/1 Kardus isi, Sampul formulir kejadian khusus dan/atau keberatan saksi, surat pindah sebanyak 346 lembar/7 kardus (6 kardus isi 50 lembar dan 1 kardus isi 46 lembar).

Kemudian Sampul surat suara rusak/keliru coblos sebanyak 1.730 lembar/35 kardus (34 kardus isi 50 lembar dan 1 kardus isi 30 lembar), Sampul surat suara tidak sah sebanyak 1.730 lembar/35 kardus (34 kardus isi 50 lembar dan 1 kardus isi 30 lembar), Sampul formulir model C. Hasil sebanyak 1.730 lembar/35 kardus (6 kardus isi 50 lembar dan 1 kardus isi 46 lembar), Sampul formulir model C. Hasil Salinan sebanyak 1.038 lembar/21 kardus (20 kardus isi 50 lembar dan 1 kardus isi 38 lembar).

Selanjutnya Sampul formulir pendamping pemberitahuan dan tanda terima sebanyak 346 lembar/7 kardus (6 kardus isi 50 lembar dan 1 kardus isi 46 lembar), Sampul formulir model D. hasil PPK sebanyak 50 Lembar/1 Kardus, Sampul formulir kejadian khusus dan/atau keberatan saksi kecamatan sebanyak 10 Lembar, Sampul formulir model D. Hasil Kabupaten/kota sebanyak 4 Lembar dan Sampul formulir kejadian khusus dan/atau keberatan saksi sebanyak 1 Lembar.

Perlu diketahui bahwa untuk Surat Suara DPRD Provinsi Dapil Maluku 7, belum didapat jumlah total surat suara karena pada saat pengiriman tidak disertai dengan BTTB (Bukti Terima Tanda Barang) dari pihak penyedia sehingga pihak KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah melakukan pengecekan kembali ke Pihak Penyedia di Ambon, dan kemudian pihak penyedia akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi terkait BTTB.

Pengamanan dan Pengawalan Barang logistik Pemilu 2024 yang diangkut dari Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki menuju ke Aula Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar tersebut berjalan dengan aman, baik dan lancar. Pada Kantor KPU sendiri mendapatkan Pengamanan dari Personel Polres Kepulauan Tanimbar dan Polsek Tansel yang terlibat OMB diantaranya Aiptu FERSON KORAAG, Aipda HABRISEN Y. TANAMAL, Aipda ANTHONIUS A. ORUN, Bripka IRMAN dan Bripka DWI HAMBUDITOMO.

About Author