Pimpin Jumat Curhat, Ipda Kurniawan Dwi Sandi sampaikan pesan Kamtibmas

POLRESTA NIMBAR-08/12/23

Sorotperkara-news.com-Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepuluan Tanimbar, Sebagai bentuk upaya Polri dalam menyediakan wadah bagi Masyarakat dalam berinteraksi, Polsek Selaru menggelar Jumat Curhat dalam rangka duduk bacarita sebagai tindak lanjut Program Quick Wins Presisi Polri, Jumat (08/12).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Plt Kapolsek Selaru Polres Kepuluan Tanimbar Ipda Kurniawan Dwi Sandi bertempat pada lokasi Tnyafar Desa Adaut Tubun, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Mengawalinya, Plt Kapolsek Selaru Ipda Kurniawan Dwi Sandi mengungkapkan bahwa kegiatan Jumat Curhat melalui duduk bacarita bersama Warga Masyarakat ini bertujuan untuk mencari solusi bersama penyelesaian masalah yang berada di lingkungan Masyarakat, sekaligus memberikan pesan-pesan kamtibmas dalam mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas yang dapat menyebabkan timbulnya potensi konflik sosial di Kecamatan Selaru.

“Maksud dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi kesadaran hukum bertujuan agar ketertiban, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan dapat diwujudkan dalam pergaulan antar sesama, selain itu untuk mendengar keluh kesah Warga Masyarakat, serta sebagai upaya untuk mempererat Silaturahmi dengan Warga Masyarakat” sambungnya.

Ipda Kurniawan Dwi Sandi juga Menambahkan bahwa kegiatan Jumat Curhat ini merupakan program Kapolri untuk kemajuan Institusi Polri, sekaligus untuk meningkatkan Pelayanan Polri kepada Masyarakat sampai pada Daerah terpencil sekalipun, dalam mewujudkan Polri yang benar-benar bisa menjadi Pelindung, Pengayom dan Pelayan kepada Masyarakat.

Kepada Warga Masyarakat Nyafar Adaut Tubun yang telah terpilih sebagai nyafar atau perkampungan kebun Desa aman Kamtibmas, Plt. Kapolsek Selaru mengatakan untuk selalu bersama-sama dalam menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif. tidak terlepas dari peran Masyarakat yang sadar dengan hukum dan aturan serta mampu mengendalikan diri dan tidak mudah Terprovokasi dengan Berita-Berita yang berkembang, sehingga terjalinnya hubungan baik antara Pemerintah Desa, Kepala Nyafar dan Bhabinkamtibmas serta Babinsanya sehingga tercipta suatu keharmonisan diantaranya.

Selain itu, dirinya berharap agar Warga dan Kepala Nyafar Desa Adaut Tubun untuk selalu memperhatikan pola perilaku Anak agar terhindar dari berbagai masalah yang menyangkut kenakalan remaja ataupun berbagai kasus lainnya, seperti pergaulan bebas , Miras, Pornografi hingga perilaku Asusila terhadap Anak dibawah umur yang bisa terjadi tanpa diduga akibat lalainya pengawasan dari Orang Tua. Sehingga kepada orang tua agar luangkan Waktu di sela-sela kerja yang padat, agar bapak ibu dapat mengawasi Anak-Anaknya di rumah.

Kurangi mengkonsumsi Miras, karna hal itu bisa merusak kesehatan tubuh kita serta dapat merugikan diri sendiri dan keluarga begitu juga dapat menimbulkan gangguan kamtibmas serta dapat menimbulkan kekerasan dalam rumah tangga” ungkapnya.

Plt kapolsek juga menghimbau kepada Warga Masyarakat agar bersama sama menjaga Kamtibmas, apabila mendengar, melihat, mengalami kriminalitas atau masalah sekecil apapun segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas terdekat untuk segera ditindaklanjuti.

“Saat ini kita sudah masuk pada tahun politik maka di harapkan Jelang Pemilu 2024 agar kita tidak terpancing dengan Berita bohong ( Hoax ) yang dapat memecah belah kerukunan hidup banyak orang, serta mari kita bersama-sama menjaga agar Pentahapan Pemilu serentak ini dapat berjalan dengan aman dan lancar” ujarnya.

Kegiatan Jumat Curhat dalam rangka duduk bacarita yang dilaksanakan oleh Polsek Selaru ini sangat disambut baik dan diapresiasi oleh Warga Masyarakat Nyafar Desa Adaut Tubun. Yang mana melalui kegiatan ini, Masyarakat dapat mengerti tentang Hukum dan memerangi kenakalan remaja serta bersama-sama menjaga Kamtibmas di Desa.

(SB.SP)

About Author