Polres Batubara Gelar Patroli Gabungan Skala Besar untuk Menjaga Kondusifitas Bulan Suci Ramadhan 1445 H / 2024 M

Sumut-batubara-sorotperkara-pada Minggu (17/3/2024), Polres Batubara melaksanakan Patroli Gabungan skala besar sebagai bagian dari upaya antisipasi terhadap Balap Liar dan 3C (Curanmor, Curas, dan Curat) di wilayah hukum Polsek Indrapura.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB.Kapolres Batubara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Imam Alriyuddin, SH, MH, bersama dengan sejumlah pejabat dan anggota Polres, Polsek, Koramil, serta perwakilan masyarakat setempat memimpin kegiatan ini.

Mereka menyampaikan pentingnya upaya preventif dan edukasi kepada masyarakat, khususnya para remaja, untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama Bulan Suci Ramadhan.Menurut Wakapolres Batubara, Kompol Imam Alriyuddin, situasi pagi subuh selama bulan Ramadhan sering dimanfaatkan oleh para remaja untuk berkumpul di luar rumah.

Hal ini sering kali menjadi peluang untuk aktivitas yang tidak diinginkan, seperti Balap Liar dan tawuran.

Oleh karena itu, Patroli Gabungan ini juga bertujuan untuk memberikan himbauan secara humanis kepada masyarakat agar tidak terlibat dalam perilaku tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 13 unit sepeda motor dari berbagai jenis diamankan oleh petugas karena tidak sesuai dengan peraturan, seperti knalpot yang tidak standar dan kelengkapan surat-surat kendaraan yang tidak lengkap.

Tindakan yang diambil terhadap pelanggar adalah penilangan, namun tetap dengan pendekatan humanis.

Wakapolres juga menekankan bahwa pemilik sepeda motor yang diamankan dapat mengambil kembali kendaraannya dengan syarat membawa surat resmi kepemilikan dan knalpot asli serta menandatangani surat perjanjian untuk tidak mengubah bentuk sepeda motor, terutama pada bagian knalpotnya.

Upaya Polres Batubara dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat terus ditingkatkan guna menciptakan lingkungan yang kondusif dan bebas dari Balap Liar, 3C, dan gangguan lainnya selama bulan yang penuh berkah ini.

(Hendri)

About Author