Sebagai Syarat UKP, Bag SDM Polres Kepualauan Tanimbar gelar Kesjas bagi 14 Personel

Dalam rangka pembinaan serta meningkatkan kemampuan personel, Bag SDM Polres Kepulauan Tanimbar menggelar tes Kesamaptaan Jasmani (Kesjas) yang terdiri dari 14 Personel Anggota Polri yang diusulkan untuk mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi periode 1 Juli 2024, Jumat (26/01/24).

Adapun Personel yang mengikuti Kesjas dan telah memenuhi persyaratan dalam Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) sesuai Kepangkatan diantaranya dari Pangkat Ipda ke Iptu sebanyak 1 Personel, dari Pangkat Brigpol ke Bripka sebanyak 1 Personel, dari Briptu ke Brigpol sebanyak 7 Personel dan dari Bripda ke Briptu sebanyak 5 Personel.

Sebelum dimulainya Tes Kesamaptaan, para personel diwajibkan mengisi formulir, selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan serta pengukuran tinggi badan hingga timbang berat badan, yang kemudian dilanjutkan dengan pemanasan.

Kegiatan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) melalui Tes Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan ini merupakan kelengkapan untuk memenuhi persyaratan dalam Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) bagi personel Polri.

Tes kesamaptaan Jasmani dalam rangka Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) bagi personel Polri ini meliputi Lari 12 Menit, dilanjutkan dengan Pull Up dengan waktu yang ditentukan 1 menit bagi masing-masing personel, Shit Up, Push Up hingga Shutlle Run (lari lingkar 8).

Sementara itu, Kabag SDM Polres Kepulauan Tanimbar AKP MUSTAFA KAMAL, S.Sos., mengatakan bahwa kegiatan test Kesamaptaan Jasmani tersebut merupakan salah satu syarat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh Anggota Polri khususnya Polres Kepulauan Tanimbar yang akan diusulkan untuk kenaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi, karena tes Kesegaran Jasmani merupakan salah satu persyaratan Administrasi yang harus dipenuhi.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur serta standar yang telah ditentukan. Hal ini juga bertujuan sebagai sarana kontrol dan kendali untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan Personel sehingga bisa dinyatakan layak untuk naik pangkat setingkat lebih tinggi” ungkap Kabag.

Selain untuk memenuhi persyaratan UKP dan mengukur kemampuan fisik, Kabag SDM menambahkan bahwa kegiatan Test Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan ini juga bertujuan untuk memelihara kebugaran dan kesehatan para Personel agar selalu siap menjalankan tugas Kepolisian sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

About Author