Sekolah Yayasan Anugrah Insani (Kober Anugrah) Banyuresmi Garut Laksanakan Jadwal Visitasi/Akreditasi Oleh BAN PDM Tahap II Tahun 2024

IMG 20240611 WA0033 1

Garut-Sorotperkara.news.com.Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pintu masuk awal bagi anak untuk membentuk psikomotorik dan mengenal bermacam benda serta pengenalan dasar warna secara alami namun semua kegiatannya dibawah pengawasan guru. Selasa,(11/06/2024)

Selain itu mendukung program pemerintah (Revolusi Mental) dan terwujudnya sumber daya manusia yang memiliki kwalitas unggul, berkarakter, dan berdaya saing.

Akreditasi adalah: kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan standar nasional perguruan tinggi, yang meliputi standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat.

Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan dasar, yang bertujuan untuk menentukan kelayakan program studi dasar berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dasar dan menengah; dan menjamin mutu program studi dan pendidikan dasar secara eksternal, baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.
Akreditasi yang diterapkan di pendidikan dasar dan menengah oleh BAN-PDM, sementara akreditasi program studi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Jika LAM belum terbentuk, maka akreditasi dilakukan oleh BAN-PDM. Adapun peringkat Akreditasi Program Studi pendidikan dasar menengah, dibagi tiga, yaitu Baik, Baik Sekali, dan Unggul.

Peringkat akreditasi yang telah diberikan dapat ditinjau kembali oleh BAN diatasnya, sebelum jangka waktu akreditasi berakhir, apabila terdapat penurunan mutu. Penurunan mutu tersebut seperti menurunya jumlah pendaftar atau lulusan dari program studi selama 5 tahun berturut turut.

Untuk jadwal visitasi dan akreditasi di sekolah Kober anugrah yang beralamat di kampung ngompod RT.03 RW.02 Desa Pamekarsari Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, terdiri dari dua orang asessor atau tim penilai, diantaranya:

  1. Ani Nur’aini Syafii, S.Ag, Mp.
  2. 2. Dhety Oktariny, M.Pd.
    Kedua petugas asessor tersebut hadir di sekolah Kober anugrah pada pukul 6:35 wib. Bahkan sebelum peserta belajar datang, hal tersebut bertujuan agar mengetahui perilaku para siswa siswi Kober anugrah ketika baru sampai dan berada di lingkungan sekolah.

Selain kedua asessor, kegiatan tersebut juga dihadiri diantaranya: Kepala Sekolah Kober Anugrah (Ai Rosi Irawati) tiga orang guru dan satu orang operator, Ketua yayasan anugrah Insani (Solihin Afsor) Penilik PNF (Rahmat Subhan S,Pd.), Bunda Paud Desa Pamekarsari (Ai Badriah), Korwil UPT Dikdas Kecamatan Banyuresmi (Gunara Taufik M,Pd.), Ketua Himpaudi Kecamatan ( Ust. Jaelani S.Pd.)

Dalam prakatanya asesor menyampaikan, dan memberikan apresiasi atas kesungguhan dan keikhlasan para guru di sekolah Kober anugrah, sehingga peserta belajar di sekolah ini sudah memiliki kepribadian yang mandiri dan berakhlak, ujarnya.

Sudah sepatutnya para orangtua siswa berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada para guru, dalam melaksanakan tugas sebagai asessor, tentu kami harus memberikan penilaian yang obyektif dengan mengedepankan profesionalitas, minimal kami sudah mempunyai kesimpulan namun semuanya akan di umumkan pada waktu yang sudah ditentukan pungkasnya.

Selanjutnya dalam sambutanya, ketua yayasan Anugrah Insani menyampaikan, dengan digelarnya kegiatan visitasi/Akreditasi oleh badan akreditasi nasional (BAN) Pendidikan dasar menengah (PDM) ini merupakan puncak dari sebuah perjuangan kita bersama, atas semua capaian ini tak lepas dari kegigihan, dan kesabaran para guru di sekolah Kober anugrah.

“selain itu antusias dan dukungan masyarakat sekitar juga menjadi salah satu faktor dukungan agar sekolah Kober anugrah ini mampu meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan sebagaimana menjadi cita cita bersama, afsor juga menyampaikan terimakasih kepada tim asessor yang telah berkenan hadir disekolah Kober anugrah. Kritik, saran, dan masukan akan kami terima dan akan kami jadikan pengetahuan agar lebih baik lagi di masa yang akan datang pungkasnya.

Tepat pukul 11:50 penilaian pembelajaran selesai dilakukan, adapun kekurangan berupa dokumen disarankan kepada kepala sekolah dan guru harus diselesaikan hari ini juga untuk melengkapi kekurangan yang dimaksud.

Hingga selesai kegiatan visitasi/akreditasi di sekolah Kober anugrah berjalan sangat lancar, aman dan kondusif. (Tim)

About Author

Optimized by Optimole