Tingkatkan Kesadaran Nasional, Wakapolres Kepulauan Tanimbar pimpin Upacara HKN

IMG 20240117 WA0027

Tanimbar,sorotperkara-news.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai salah satu upaya untuk menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk disiplin dalam jiwa raga sebagai anggota Polri, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 17 bulan berjalan, Rabu (17/01/24).

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) tersebut dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., yang diwakili oleh Wakapolres Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., selaku Inspektur Upacara, dan diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU), Kapolsek jajaran, para Perwira serta para Personel Polres Kepulauan Tanimbar.

IMG 20240117 WA0025

Komandan upacara beserta perangkat petugas Upacara diemban oleh Personel Polres Kepulauan Tanimbar bertugas, diantaranya bertindak selaku Perwira Upacara yaitu Kasat Lantas Polres Kepulauan Tanimbar AKP D. FENANLAMPIR, selaku Komandan Upacara Kanit  I SPKT Ipda VICTOR LUTURMAS, S.H., serta para Petugas Pengibar Bendera Merah Putih, hingga pengucap Tribrata, Catur Prasetya dan perangkat lainnya.

Adapun susunan acara Upacara tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Mars Polri dan diikuti dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, selanjutnya dilakukan Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Wakapolres Kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., selaku Inspektur Upacara, Pembacaan teks Pancasila, Pengucapan Tribrata dan Catur Prasetya serta diwarnai dengan Pemberian Piagam Penghargaan oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar melalui Wakapolres kepada Personel yang menerima Penghargaan.

IMG 20240117 WA0022

Dalam kesempatan tersbeut, melalui Amanat Kapolda Maluku Irjen Pol. LOTHARIA LATIF, S.H. M.Hum., yang dibacakan oleh Wakapolres Kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., mengatakan bahwa Upacara hari Kesadaran Nasional (HKN) yang kita laksanakan secara rutin ini adalah sebagai sarana untuk memupuk Kesadaran dan Loyalitas kita, guna terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Personel jajaran Polda Maluku atas Kinerja, Dedikasi dan Integritasnya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari khususnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polda Maluku yang tetap aman dan kondusif” ucap Wakapolres melalui Amanat yang dibacakan.

IMG 20240117 WA0026

Banyak agenda Nasional yang akan kita hadapi kedepannya. Tahun ini merupakan Tahun Politik, dimana Polri harus lebih siap serta lebih awal dalam mengantisipasi pemilu Tahun 2024, mulai dari rencana pengamanan tahap Pemilu, mengoptimalkan fungsi Preemtif, Preventif dan Penegakan Hukum.

Polda Maluku telah menjalankan Program Basudara Manise yang dilaksanakan oleh jajaran dan merupakan salah satu wujud penanganan ketertiban dan keamanan di Wilayah Maluku dengan konsep kearifan lokal. lewat Program Basudara Manise, Polri dapat lebih mudah mengatasi setiap persoalan yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat, dan juga sebagai kesiapan kita menjelang agenda Pemilu Tahun 2024

IMG 20240117 WA0021

Sebelum mengakhiri amanatnya, ada beberapa penekanan yang perlu dipedomani yaitu :

  1. jadikan upacara Hari Kesadaran Nasional untuk memantapkan kualitas pengabdian dan menumbuhkan cinta tanah air serta menjaga kerukunan antar sesama dalam mewujudkan Maluku aman, damai dan sejahtera;
  2. Tindaklanjuti secara konsisten program Presisi Kapolri dan program Basudara Manise Kapolda Maluku untuk mewujudkan Maluku aman, damai dan sejahtera;
  3. Antisipasi dan siapkan kekuatan Personel serta peralatan untuk mencegah konflik Sosial di Masyarakat yang berpotensi menjadi kejahatan yang berdampak kontijensi;
  4. Laksanakan Pam Personel, Pam Mako dan Pam giat Masyarakat serta berikan Reward dan punishmen yang jelas kepada anggota;
  5. Tetap tingkatkan Soliditas dan Sinergitas TNI, Polri dan Pemda dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Demikian Amanat ini, semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan dan petunjuknya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara. Salawaku emarina Maluku Aman Rakyat Sejahtera” tutupnya.

About Author

Optimized by Optimole