Waspadai bahaya Cuaca Ekstrim, Sat Binmas sampaikan Imbauan Kapolres Kepulauan Tanimbar

IMG 20240116 WA0019 2

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Menyikapi cuaca ekstrim guna mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., mengeluarkan Imbauan yang disampaikan Sat Binmas kepada Masyarakat Pesisir Desa Lorulun, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (16/01/24).

IMG 20240116 WA0018 3

Perlu diketahui bahwa Letak Wilayah Geografis pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini sebagian besar dikelilingi oleh Laut, sehingga mata pencarian oleh Masyarakat adalah Nelayan serta transportasi laut juga merupakan jenis transportasi yang sering digunakan.

Melalui pengeras suara pada Mobil Penyuluhan yang dibacakan oleh Petugas Sat Binmas, Kapolres Kepulauan Tanimbar mengajak Masyarakat Kepulauan Tanimnar pada pesisir Pantai, Penumpang Angkutan Laut, Nelayan dan Operator Angkutan Laut agar mewaspadai potensi cuaca ekstrim dan gelombang tinggi.

“Selalu pantau perubahan Cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG demi keselamatan berlayar, serta diharapkan untuk selalu menyiapkan alat keselamatan ketika berlayar” imbuhnya.

Adapaun Imbauan Kapolres Kepulauan Tanimbar yang dibacakan :

  1. Tidak memaksakan berlayar saat kondisi gelombang tinggi, angin kencang dan hujan lebat.
  2. Melengkapi prasarana alat keselamatan berlayar seperti life jacket, life craft, life buoy dan lainnya.
  3. Tidak melebihi muatan saat berlayar
  4. Selalu memantau perkembangan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG
  5. Apabila mengalami kendala saat berlayar, segera menghubungi Basarnas, Sat Polairud, KSOP dan sebagainya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kasi Humas Polres Kepuluan Tanimbar Iptu O. BATLAYERI mengatakan bahwa Cuaca sekarang ini tidak menentu, Kalau cuaca buruk sebaiknya para Nelayan jangan melaut, Istirahat saja di rumah. Waspadai dan Deteksi dini sangat diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Gelombang tinggi bisa memicu kecelakaan laut, angin kencang bisa membahayakan.

IMG 20240116 WA0019 1

“Sebaiknya para Nelayan lebih mengutamakan keselamatan berlayar dengan memperhatikan kelengkapan alat navigasi maupun kelengkapan keselamatan” tutur Kasi Humas

Kasi Humas menambahkan Sehubungan dengan permasalahan cuaca Ekstrem ini, sebaiknya warga masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Kepulauan Tanimbar yang menggunakan Transportasi laut, untuk selalu tetap waspada, jangan memaksakan diri untuk turun dan berangkat ke Laut, jika situasi angin dan ombak tidak bersahabat, utamakanlah keselamatan diri dan keluarga.

Selain Membacakan Imbauan Kapolres Kepulauan Tanimbar terkait Cuaca Ekstrim, Personel Sat Binmas melalui pengeras suara pada mobil penyuluhan juga turut menyampaikan Imbauan Kamtibmas terkait Pemilu Damai Tahun 2024, agar pada saat tahapan Kampanye jelang Pemilu Tahun 2024, stabilitas Kamtibmas selalu dijaga, tidak terprofokasi dengan berita Hoax atau isu Sara, serta hindari diri dari Kampanye hitam hingga politik Uang.

Warga Masyarakat pun terlihat sangat antusias mengikuti Imbauan yang disampaikan Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar, serta mengungkapkan terima kasih dan apresiasi terkait kegiatan tersebut. Dengan harapan agar kegiatan ini secara rutin dan kontinyu dapat dilakukan pada Desa-Desa pesisir yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

About Author

Optimized by Optimole